Cara Menggunakan Template Editor Blogger Versi Baru 2013

Para blogger pasti sudah tahu tentang perubahan pada Template HTML editor Blogger, yang pastinya hal ini dilakukan untuk memberi kemudahan bagi para penggunannya. Dengan tampilan user friendly dan fitur template HTML editor blogger  yang baru  dibutuhkan juga pengetahuan yang baru tentang cara menggunakannya. Terutama pada fitur atau fungsi baru yang ada. Untuk lebih jelasnya bias dilihat di bawah ini.

New Template editor


Fitur baru Template Editor Blogger : 
Template editor blogger yang versi sekarang merupakan perkembangan dari HTML editor  versi sebelumnya. Pada versi baru fungsinya masih sama seperti yang lama yaitu untuk mengedit dan merancang namun lebih dimudahkan. So, hal ini tidak menyulitkan bagi seorang pemula yang masih minim ilmunya dalam hal coding HTML/CSS untuk menggunakannya. Apalagi dengan adanya fitur yang bisa menemukan kesalahan dalam coding template  yang ditampilkan dalam nomor baris sehingga memudahkan untuk menemukan letak salahnya.

Cara Menggunakan Template Editor Blogger Yang Baru.
 Dibawah ini beberapa fitur dari Template Editor blogger yang baru :
1.   Lompat ke widget
Ini Adalah fitur yag paling penting yang telah ditambahkan oleh Blogger. Fitur ini akan membantu Anda untuk menemukan kode yang terkait dengan sebuah widget tertentu. Yang perlu dilakukan hanyalah klik dan pilih widget yang ingin di edit. Perhatikan gambar di bawah ini

Lompat ke widget


2.   Pratinjau Template
Fitur ini sama seperti versi sebelumnya hanya saja pada saat kita pratinjau template kita, editor akan melakukan pratinjau template  di jendela yang sama. Seperti gambar di bawah ini :

Pratinjau template

3.   Penanda Kode Diperluas.
Ini adalah tambahan bari di template editor blogger, dengan fitur ini template editor kita akan terlihat lebih rapi. Anda hanya perlu mengklik tanda flip "  " untuk mempelruas kode template blogger anda. Lihat gambar di bawah ini :

flip

 
4.   Format Template
Ini adalah hal yang baru, dengan fitur Template format dilakukan untuk peningkatan template HTML editor Blogger.
 


5.   Cari, Ganti dan Ganti Semua Opsi
Fitur ini sangat membantu dalam hal perancangan atau edit template blogger. Dengan fitur ini kita dapat mencari sebuha kode tertentu dengan menekan Ctrl+F untuk menemukan kode dalam template editor Anda. Tekan Ctrl+Shift+F untuk mengganti kode, Ctrl+Z untuk Undo atau kembali ke proses sebelumnya dan tekan Ctrl+Shift+R untuk mengganti semua dengan kode lainnya dalam template editor blogger Anda. Lihat gambar di bawah : 
search

Replace

Replace all


Ini akan lebih bermanfaat apabila Anda menginstal template blogger yang baru di blog Anda. Cari, Ganti dan Ganti Semua fungsi memungkinka Anda untuk menggati semua link Blog template dengan link Blog Anda sendir

Tambahan :
Apabila Anda kesulitan untuk masuk ke halaman  template editor blogger, coba di dengan cara pertama klik Template tunggu sampai halaman template terbuka kemudian klik Tata Letak dan kembali lagi klik Template dan klik Edit HTML.

Apabila Anda mempunyai pendapat atau masukan yang lain, silahkan tinggalkan komentar Anda. Umpan balik Anda sangat berharga buat penulis. Happy Blogging !




Comments

  1. makasih mas sudah mau berbagi.... Jangan lupa mas kunjungan balinya di blog aku ya mas...!!

    ReplyDelete
  2. PeRtAmAx, posting bagus...

    ReplyDelete
  3. ok, thanks for comment...

    ReplyDelete
  4. postingan yang bagus gan.. terima kasih;;

    ReplyDelete
  5. sama-sama gan, makasih juga udah singgah di blog ane.

    ReplyDelete
  6. siap gan..!!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

2 Style Navigasi Nomor Halaman Blogger

Membuat Kontak Blogger Hubungi Kami Menggunakan Google Drive

Tips SEO Dari Google [Download]